Selamat datang di GE HOLIDAY - Kamera ditangan Kanan, Keluarga ditangan Kiri - www.ge-holiday.blogspot.com - Ini adalah web PRIBADI bukan mewakili PERUSAHAAN atau INSTANSI manapun - Semua gambar adalah hasil karya pribadi (Sebagai Portofolio)

Istilah Perhotelan

Istilah Perhotelan



Sebagai seorang hotelier, kita harus memahami berbagai macam istilah yang terbilang cukup rumit untuk dipahami terutama bagi para pemula dalam bidang perhotelan. 

Istilah-Istilah Perhotelan  tersebut terbilang langka dan jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, Berikut istilah-istilah dalam perhotelan : 

A la carte                      :  Penyajian makanan dengan cara taking order, seperti di warung atau lesehan
Arrival                           :  Kedatangan tamu ke hotel
Agent rate                      :  Harga kamar yang dikhususkan untuk Travel Agent
Allotmant                        :  Penjatahan kamar untuk travel agent
Average Room Rate        :  Rata-rata harga per kamar dengan cara membandingkan antara pendapatan yang diperoleh  dari kamar dengan jumlah kamar yang terjual.
Average Occupancy        :  Rata-rata tingkat hunian kamar pada suatu periode tertentu dengan cara membandingkan antara jumlah kamar yang terjual dibandingkan dengan jumlah kamar yang tersedia.
Booking                                :  Pemesaanan kamar
Blocking room                   :  Kamar yang diblok untuk suatu keperluan
Book Keeping rate           :  Rate harga untuk pertukaran mata uang per dollar amerika yang dijadikan standar oleh
Breakfast                             :  Sarapan yang biasanya digratiskan oleh pihak perhotelan
Buffet                                   :  Penyajian makanan yang dilakukan dalam bentuk prasmanan
Check-in (C/i)                    :  Kedatangan tamu untuk menginap
Check-out (C/o)                               :  Tamu meninggalkan hotel setelah selesai menginap
Check-in time                    :  Waktu yang semestinya untuk melakukan check-in di kamar
Check-out time                 :  Waktu untuk meninggalkan kamar hotel biasanya jam  12,00   
Cocktail                                                :  Minuman dengan alkohol
Contract Rate                    :  Harga kamar yang diberikan pihak hotel ke travel agent berdarsarkan term and condition
Compensation                  :  Pelayanan extra yang diberikan kepada tamu atas dasar kesalahan atau
                                                   kekurangan yang dimiliki hotel sebagai bayaran atas kesalahan tersebut
Clear-up                               :  Membersihkan sisa makanan di meja tamu beserta wadahnya
Corporate rate                  :  Harga kamar yang dikhususkan untuk instansi pemerintah atau swasta yang telah
                                                   memiliki banyak kerjasama satu sama lain
Compliment                       :  Pemberian cuma-cuma sebagai hadiah
Departure                           :  Keberangkatan tamu dari hotel ke hotel ataupun destinasi lain
EA                                           :  Estimasi Arrival ( perkiraan Jumlah tamu yang akan menginap )
ED                                           :  Estimasi Departure  ( perkiraan Jumlah tamu yang akan check-out )
ETA                                        :  Estimasi Time Arrival ( perkiraan waktu kedatangan )
ETD                                        :  Estimasi Time Departure ( perkiraan waktu Keberangkatan )
Early Check-in                    :  Check-in lebih awal dari waktu yang ditentukan oleh Hotel
                                                   ( Ada yang free, ada yang kena biaya tambahan)
Fully booked                      :  Kamar sudah terpesan semua
Follow-up                            :  Menyelesaikan masalah yang tertunda atau yang sedang terjadi
FOC (Free of Charge)     :  Gratis.
Hospitality                           :  Keramahtamahan.
In House                              :  Tamu yang sudah menginap/Check-in (Jumlah kamar yang sudah Check-in)
In-house promotion       :  Kegiatan promosi yang dilakukan secara internal dalam suatu perusahaan.
Internal Customer           :  Pelanggan internal yang berada dalam suatu lingkungan organisasi/perusahaan,
   Contoh: karyawan, stockholder, dsb. Invoice Tagihan-tagihan.
Lobby                                    :  Bagian depan front desk atau resepsionis
Late Check-out                 :  Tamu meninggalkan hotel dengan waktu yang tidak semestinya seperti jam 14,00
                                                   atau setelahnya (Biasanya akan dikenakan biaya tambahan)
Lost And Found                                :  Pelayanan untuk masalah kehilangan dan penemuan barang-barang milik tamu, baik di kamar
   maupun di area hotel.
Mocktail                               :  Minuman tanpa alkohol
Menu                                    :  Daftar harga dari sebuah pelayanan atau barang
Net                                        :  Harga dari sebuah barang atau jasa setelah ditambahkan dengan pajak dan
                                                   pelayanan ( tax and service )
No Show Guest                                : Tamu yang sudah melakukan pemesanan kamar/reservasi, tetapi tidak datang pada waktu
   yang telah ditentukan.
OTA                                       :  Online Travel Agent ( Ex : Agoda, Expedia )
Out of Order                      :  Tidak bisa di pergunakan lagi
Occupancy                          :  Tingkat hunian.
Package                               :  Penjualan kamar yang disertai dengan berbagai macam pelayanan dalam satu harga khusus
Price List                              :  Daftar harga dari sebuah jasa atau barang perhotelan
Publish Rate                       :  Harga kamar yang telah diresmikan dan diberikan secara menyeluruh
Porter                                   :  Petugas pembawa barang.
Pick-up Service                 :  Penjemputan/Pengantaran dari dan ke Hotel tujuan Airport/Stasiun
Skipper                                 :  Tamu yang meninggalkan hotel tanpa membayar seluruh tagihannya.
Stay Over                            :  Tamu yang memperpanjang masa tinggalnya di hotel.
Surcharge                            :  Bayaran tambahan.
Sleep Out                            :  Tamu yang tidak tidur di hotel, meskipun kamar sudah dibayar.
Turn Down                          :  Pembersihan Kamar
Under Stay                         :  Tamu yang mempersingkat masa tinggalnya dari waktu yang telah ditentukan.
Updating                             :  Penyesuaian terhadap data yang telah dicatat sebelumnya sampai dengan waktu tertentu.
Up Grade                            :  Diberikannya kamar yang lebih baik dengan membayar harga kamar tipe yang lebih rendah.
Valet Butler                        :  Petugas yang memberikan pelayanan khusus kepada tamu.
Valet Laundry                    :  Petugas binatu yang mengambil maupun mengantar cucian tamu dari/ke kamar.
Valet Parking                     :  Petugas yang membawa, memasukkan kendaraan.
Voucher                               :  Sebuah surat yang dikeluarkan oleh pihak biro per jalanan/perusahaan penerbangan yang
   mempunyai nilai tertentu yang dapat dipakai untuk menginap di hotel.
   vouchers Kertas berharga bukan pengganti uang. Biasanya untuk mendapatkan barang.
Vacuum                               :  Membersihkan kotoran yang berada di kamar ataupun kolam renang
Walk In Guest (WIG)      :  Tamu yang menginap di hotel tanpa memesan terlebih dahulu.
Wake Up Call                     :  Dering telepon dari switchboard untuk membangunkan tamu.
Waiting Lounge                 :  Tempat tunggu.
Waiting List                         :  Daftar tunggu untuk memperoleh atau mengerjakan sesuatu.

Istilah Istilah Perhotelan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...